PERAN MINAT BELAJAR SEBAGAI MEDIASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN HASIL BELAJAR DI SD ISLAM DARUNNAJAH JAKARTA

Salmy, Muskhairillah (2025) PERAN MINAT BELAJAR SEBAGAI MEDIASI ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN HASIL BELAJAR DI SD ISLAM DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300261_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300261_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Pendidikan yang dirancang Pemerintah Indonesia dengan program wajib belajar 13 tahun memiliki tujuan agar seluruh warga Indonesia minimal mendapatkan pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas. Siswa yang memiliki kualitas bisa dilihat dari hasil belajarnya, dan hasil belajar yang baik dapat diperoleh dengan kompetensi profesional guru dan juga adanya minat belajar yang dimiliki oleh siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada rumpun pelajaran PAI masih tergolong rendah daripada rumpun pelajaran umum dalam tiga tahun terakhir. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membangun model atas fenomena lapangan dan reserch gap penelitian dalam meninggikan hasil belajar siswa yang mampu ditinggikan dengan adanya kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa pada pelajaran PAI di SD Islam Darunnajah Jakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode sebab akibat atau kausalitas. Populasi penelitian siswa kelas 5 dan 6 SD Islam Darunnajah sebanyak 206 siswa. Pengambilan sampel menggunakan pengukuran sampel model SEM minimal 5-10 kali jumlah indikator yang digunakan dalam penelitian. Dengan 12 indikator dikalikan 8 sama dengan 96 responden. Analisis data menggunakan SmartPLS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah; (1) Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai T-statistik 2,899, > dari T-tabel 1,960, serta P-value 0,004 < dari 0,05, (2) Kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dibuktikan dengan nilai nilai T-statistik 11.491 > T-tabel 1,960 dan P-value 0,000 < 0,05, (3) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai T-statistik 7,886 > T-tabel 1,960 dan P-value 0,000 < 0,05. (4) Minat belajar memediasi antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar dibuktikan dengan nilai T-statistik 6,815, > T-tabel 1,960, serta P-value sebesar 0,000 < dari 0,05, bahkan mediasi minat belajar tergolong mediasi penuh atau full mediation sebesar 97,5%. Beberapa skema yang bisa dilakukan manajemen SD Islam Darunnajah dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (1) Meningkatkan minat belajar siswa dengan cara menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dengan adanya perasaan senang akan melahirkan ketertarikan atas pelajaran dan memberikan efek pada meningkatnya hasil belajar, (2) Melakukan kegiatan peningkatan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan dan fokus pada pengembangan kreativitas guru dalam menyusun dan menerapkan strategi pembelajaran. (3) Mengkolaborasikan antara peningkatan minat belajar siswa dengan peningkatan kompetensi profesional guru. Ketika kompetensi profesional guru meningkat, disertai adanya peningkatan minat belajar siswa, maka hasil belajar siswa juga akan mengalami peningkatan. Kata Kunci: Hasil belajar; Kompetensi profesional guru, Minat belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39507

Actions (login required)

View Item View Item