Wiharyanto, Ilham (2024) IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA PENGGUNAAN BANK DIGITAL (SEABANK) PADA APLIKASI SHOPEE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100274_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100274_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan teknologi penggunaan bank digital SeaBank sebagai mitra pembayaran di Shopee dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Berdasarkan data dari Populix, SeaBank berada di posisi keempat, tertinggal dari Bank Jago, NeoBank, dan Bank Jenius, yang menimbulkan pertanyaan tentang faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research untuk mengidentifikasi pengaruh antar variabel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 120 responden pengguna SeaBank di Shopee. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Smart PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use memengaruhi Attitude Toward Using, Perceived Usefulness memengaruhi Attitude Toward Using, Attitude Toward Using berpengaruh terhadap Behavioral Intention, dan Perceived Usefulness berpengaruh terhadap Behavioral Intention. Kata Kunci: Technology Acceptancen Model (TAM), Penerimaan Pengguna, Bank Digital, Smart PLS-SEM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 May 2025 03:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |