PENGEMBANGAN MODUL “TIME SIGNAL 16 TENSES DAN 8 PART OF SPEECH” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN GRAMMAR DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 8 CIDOKOM BOGOR

Yuliani, Idri (2025) PENGEMBANGAN MODUL “TIME SIGNAL 16 TENSES DAN 8 PART OF SPEECH” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN GRAMMAR DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 8 CIDOKOM BOGOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300253_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300253_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Di pondok pesantren Darunnajah 8 santri diajarkan Bilingual (2 bahasa) percakapan dalam keseharian di dalam pondok. Hal inilah yang mendorong melatarbelakangi penulis memilih judul ini. Modul tenses dan part of speech ini penulis tulis selain untuk meringkaskan pelajaran grammar juga untuk membantu menguatkan pemahaman santri dalam berbicara english yang baik dan benar. Bahasa merupakan culture (budaya) suatu bangsa untuk menguatkan Islam kita secara keseluruhan, kita perlu memasuki dunia barat itu dengan memasuki culture nya, yakni budaya nya dalam berbahasa terlebih dahulu. Dua hal (bilingual dan culture) inilah yang menjadi latar penulis mengembangkan modul ini pada pelajaran grammar santri. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) adalah bentuk penelitian yang banyak digunakan dalam pendidikan. Secara garis besar, penelitian pengembangan adalah metode ilmiah untuk memperoleh data guna menciptakan, mengembangkan, dan memvalidasi suatu produk. Penelitian ini berperan sebagai landasan untuk merumuskan model dan teori. Istilah "penelitian" merujuk pada proses sistematis dalam memecahkan masalah dan menemukan fakta, sementara "pengembangan" menitikberatkan pada peningkatan kapasitas teoritis, konseptual, dan moral melalui pelatihan dan pendidikan sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman santri dalam pelajaran Tata Bahasa (Grammar). Selain menggunakan metode R&D, pendekatan kualitatif deskriptif juga diterapkan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melibatkan penyajian modul, serta angket untuk guru dan santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39470

Actions (login required)

View Item View Item