PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN RABI’UL QULUB DARUNNAJAH 13

NOOR, FAKKAR (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN RABI’UL QULUB DARUNNAJAH 13. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300250_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300250_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Model pembelajaran sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para guru dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh peserta didik dari suatu tindak belajar pada akhir proses pembelajaran berupa suatu angka yang menentukan berhasil atau tidaknya siswa dalam belajar. Berpikir kritis merupakan suatu proses yang terarah dan jelas yang digunakan dalam kegiatan mental seperti memecahkan masalah, mengambil keputusan, membujuk, menganalisis asumsi dan melakukan penelitian ilmiah. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitaitf dalam metode angket dan teknik regresi linier ganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 santri yang digunakan dengan menggunakan teori solvin dalam menentukan sampel penelitian. Diketahui hasil perhitungan statistic dengan menggunakan SPSS 25 menunjukan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran (X) terhadap Berpikir Kritis (Y1) dan Hasil Belajar (Y2) Santri Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Rabi’ul Qulub Darunnajah 13. Dengan nilai signifkan 0,000 < 0 ,05. Hasil uji regresi ganda diperoleh t-hitung sebesar variabel berpikir kritis dapat diperoleh thitung = 2,751 dengan tingkat signifikan (α = 0,05) untuk uji dua pihak df atau dk (derajat kebebasan) = jumlah data -2 atau 106 – 2 = 104. Sehingga t tabel = 0,1909, ternyata nilai thitung > ttabel atau 2,751 > 1,909. Sedangkan variabel hasil belajar mengenai uji regresi ganda dapat diperoleh thitung = 2,870 dengan tingkat signifikan (α = 0,05) untuk uji dua pihak df atau dk (derajat kebebasan) = jumlah data -2 atau 106 – 2 = 104. Sehingga t tabel = 0,1909, ternyata nilai thitung > ttabel atau 2,870 > 1,909. Maka dengan ini Hasil koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,238 dengan berarti memiliki 23,8% pengaruh model pemebelajaran TTW terhadap berpikir kritis dan hasil belajar dan 76,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39465

Actions (login required)

View Item View Item