IRAWAN, ANDIKA NUR BUDI (2025) MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIZ SDIT AL-BAROKAH TAHFIZ SCHOOL JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300242_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300242_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
Abstract
Pendidikan tahfiz Al-Qur’an berperan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia, namun menghadapi tantangan seperti variasi kemampuan siswa, efektivitas metode, dan keterbatasan waktu. Kesenjangan antara teori dan praktik pembelajaran juga masih ditemukan. Penelitian ini mengevaluasi model pembelajaran tahfiz di SDIT Al-Barokah Tahfiz School dengan mempertimbangkan keterlibatan orang tua, teknologi, dan metode inovatif. Hasilnya diharapkan dapat mengembangkan strategi tahfiz yang lebih efektif dan berkelanjutan dalam pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami model pembelajaran tahfiz di SDIT Al-Barokah Tahfiz School, Jakarta Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan subjek penelitian yang meliputi guru tahfiz, siswa peserta program tahfiz, dan orang tua siswa. Observasi dilakukan untuk melihat interaksi dalam pembelajaran tahfiz, sedangkan wawancara semi-terstruktur menggali strategi pembelajaran serta tantangan yang dihadapi. Studi dokumentasi digunakan untuk melengkapi informasi dari berbagai sumber tertulis. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber, peer debriefing, dan member check. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai efektivitas metode pembelajaran tahfiz serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendekatan, metode, media, dan evaluasi pembelajaran Tahfidz di SDIT Al-Barokah Tahfiz School Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran tahfiz di SDIT Al-Barokah Tahfiz School Jakarta Selatan telah menerapkan berbagai metode efektif, seperti talaqqi, chunking, dan muraja’ah rutin, untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa. Peran guru tidak hanya sebagai pengajar tetapi juga sebagai motivator yang membimbing siswa melalui pendekatan interaktif dengan media audio-visual dan pemahaman makna ayat. Dukungan orang tua juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan program ini, terutama melalui pendampingan hafalan di rumah dan pemanfaatan teknologi seperti rekaman muraja’ah. Namun, tantangan seperti perbedaan kecepatan hafalan siswa, keterbatasan waktu di sekolah, dan kurangnya dorongan dari lingkungan keluarga masih perlu diatasi. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang lebih fleksibel, peningkatan peran orang tua, serta pelatihan guru yang berkelanjutan menjadi langkah penting untuk memastikan efektivitas program tahfiz dalam mencetak generasi penghafal Al-Qur’an yang tidak hanya kuat dalam hafalan tetapi juga memahami dan mengamalkan isinya. Kata Kunci: Model Evaluasi Pembelajaran Tahfiz, Inovasi Metode Pembelajaran, Keterlibatan Orang Tua
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |