PENGARUH KESIAPAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KOTA SEMARANG

Khasanah, Nur Faizatul (2025) PENGARUH KESIAPAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300233_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300233_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti terhadap kemampuan inovasi guru dalam pembelajaran di Kota Semarang. Dalam penelitian ini, dua variabel yang diuji adalah kesiapan guru (X) dan inovasi pembelajaran (Y). Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional, di mana data dikumpulkan melalui angket yang dibagikan kepada guru PAI di beberapa sekolah di Kota Semarang khususnya pada tingkat SD dan SMP. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kesiapan guru dan inovasi pembelajaran. Nilai korelasi Pearson sebesar 0,783 dengan tingkat signifikansi 0,00 menunjukkan bahwa semakin tinggi kesiapan guru, semakin besar kemampuan mereka dalam berinovasi di dalam pembelajaran. Selain itu, hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kesiapan guru berpengaruh signifikan terhadap kemampuan inovasi dalam pembelajaran, dengan nilai signifikansi 0,00, yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru memegang peran yang penting dalam meningkatkan inovasi pembelajaran. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah, penting bagi pihak sekolah dan lembaga pendidikan untuk fokus pada peningkatan kesiapan guru, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan teori pendidikan dan memberikan implikasi praktis bagi kebijakan pengembangan profesi guru. Kata Kunci : Kesiapan Guru, PAI dan Budi Pekerti, dan Inovasi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39424

Actions (login required)

View Item View Item