LATIFAH, ALIFATUL (2025) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BACAAN SALAT SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOLOPO 02 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300024_fullpdf.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300024_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam di Indonesia, khususnya di tingkat Sekolah Dasar, memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan moral anak didik, dengan salah satu tujuan utama yaitu menanamkan nilai-nilai agama, terutama dalam ibadah Salat. Pendidikan agama tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk pribadi yang taqwa kepada Allah SWT. Penanaman nilai agama pada anak sejak dini sangat penting untuk membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pembelajaran agama Islam di Sekolah Dasar adalah melalui pembiasaan bacaan Salat yang benar. Pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan rutin seperti setoran bacaan Salat dan bimbingan individual dari guru agama. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen, digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan berbagai inisiatif, termasuk sesi praktik khusus dan penggunaan alat bantu pengajaran. Namun, beberapa faktor, seperti pelatihan guru yang terbatas dan sumber daya yang tidak memadai, telah menghambat efektivitas upaya ini. Studi ini menyimpulkan terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaan program ini, seperti kurangnya kedekatan anak dengan aspek religius, keterbatasan waktu pembelajaran, dan kurangnya dukungan dari orang tua. Hal ini menghambat efektivitas pembelajaran bacaan Salat yang diharapkan dapat membentuk keterampilan dan pemahaman yang baik pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana kualitas bacaan Salat siswa dapat berkembang melalui metode yang diterapkan di Sekolah Dasar, serta mengidentifikasi faktor- faktor penghambat dan solusinya. Penelitian ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya peran lingkungan sekolah dan keluarga dalam mendukung pembelajaran agama, terutama Salat, agar siswa dapat mengamalkan ajaran agama dengan benar. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan program pendidikan agama di sekolah-sekolah dasar lainnya, serta memberikan kontribusi dalam menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dalam menanamkan nilai agama dan ibadah Salat pada anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |