Setiono, Wawan (2025) IMPLEMENTASI INTEGRASI PENDIDIKAN FORMAL DAN NONFORMAL: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQAM PATEAN KABUPATEN KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200093_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200093_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Patean Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah dalam mengintegrasikan pendidikan formal dan non-formal, serta menilai efektivitas strategi tersebut dalam membentuk karakter dan prestasi akademik santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Patean Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah menerapkan berbagai strategi untuk mengintegrasikan pendidikan formal dan non-formal, termasuk penyelarasan kurikulum, pelatihan keterampilan hidup, kegiatan ekstrakurikuler, dan program pembinaan karakter. Tantangan utama dalam proses integrasi ini meliputi keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan perbedaan antara metode pengajaran formal dan non-formal. Meskipun demikian, integrasi pendidikan formal dan non-formal di pesantren dapat membantu meningkatkan prestasi akademik dan membentuk karakter santri yang berakhlak mulia. Santri menunjukkan peningkatan dalam keterampilan akademis, kepercayaan diri, kedisiplinan, dan kemampuan sosial. Penelitian ini menyarankan perlunya dukungan lebih lanjut dari pemerintah dan pihak terkait untuk mengatasi tantangan yang ada dan memperkuat program integrasi pendidikan di pesantren. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan bagi literatur pendidikan pesantren dan menawarkan wawasan praktis bagi pengelola pesantren lain yang ingin mengimplementasikan strategi serupa. Kata Kunci: Implementasi, pendidikan formal, pendidikan non-formal, integrasi, strategi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |