Aeni, Sururotun Nurul (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MA ASSALAFIYAH LUWUNGRAGI BULAKAMBA BREBES. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200088_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200088_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
Abstract
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin harus mempunyai peran yang sangat penting untuk mewujudkan keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Kepala sekolah juga bertanggung jawab atas keberhasilan peserta didiknya dalam meraih cita-cita yang diinginkan dan kepala sekolah juga bertugas untuk mencerdaskan peserta didik. Kecerdasan dan kemampuan peserta didik adalah salah satunya ditentukan oleh profesionalisme guru. Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab kepala sekolah adalah meningkatkan profesinalisme guru. Guru yang professional akan menghasilkan mutu dan prestasi yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MA Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes. Penelitian ini menganalisis tiga hal yaitu : (1) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di MA Assalafiyah Luwungragi, (2) Bagaimana langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan professional guru di MA Assalafiyah Luwungragi, dan (3) Bagaimanakah hasil pencapaian kepala sekolah dalam upaya meningkatkan Profesional guru MA Assalafiyah Luwungragi. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif deskritif dengan menggunaka metode pengumpulan data yang berupa, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Sedangkan untuk pengecekan data menggunakan keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru yaitu dengan cara menanamkan motivasi mengajar, menanamkan kedisiplinan dan meningkatkan fasilitas. Adapun langkah-langkah dari kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru menyusun program pengembangan guru, mendorong guru untuk mengikuti pelatihan, memberikan supervise dan evaluasi, memberikan motivasi dan menjalin kemitraan dengan pihak luar. Selanjutnya hasil pencapaian kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru yaitu peningkatan kualifikasi guru, pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan, implementasi pembelajaran berbasis teknologi, meningkatnya hasil supervise dan evaluasi kinerja guru, dan terjalinnya kerjasama dengan instansi pendidikan yang lain. Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Profesional Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |