Wardani, Sukmawati Kusuma (2025) MODEL PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQAM PATEA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200087_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200087_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan di berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Teknologi yang semakin maju menawarkan berbagai metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif, yang tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran tetapi juga mampu menarik minat dan antusiasme peserta didik. Salah satu teknologi yang sedang berkembang dan memiliki potensi besar dalam dunia pendidikan adalah Virtual Reality (VR). penggunaan VR belum banyak dijajaki, terutama di pondok pesantren yang selama ini dikenal sebagai lembaga pendidikan yang mempertahankan tradisi pembelajaran konvensional, Pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan budaya lokal menghadapi tantangan dalam mengadopsi teknologi modern seperti VR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Eksperimen dan dengan triangulasi data. Pendekatan kualitatif dipilih karena fokus penelitian adalah untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana Virtual Reality (VR) digunakan dalam pembelajaran agama Islam di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Patean. Hasil penelitian tentang penggunaan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran PAI relevan dengan teori-teori pembelajaran konstruktivisme dan teori motivasi belajar. Dalam teori konstruktivisme, siswa dianggap sebagai pusat pembelajaran, di mana mereka secara aktif membangun pengetahuan melalui pengalaman langsung. Penelitian ini mendukung konsep tersebut, karena VR memungkinkan siswa mengalami proses pembelajaran yang immersif dan interaktif, misalnya, dengan mensimulasikan ritual Haji dan Umrah secara virtual. Melalui visualisasi nyata, siswa dapat membangun pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi yang dipelajari. Efektivitas penggunaan media Virtual Reality dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Materi PAI di Pondok Pesantren Muhammadiyah, disajikan dengan nilai santri meningkat setelah melakukan pre test dan post test, terlihat bahwa adanya media Virtual Reality bisa meningkatkan nilai terutama di Mapel PAI, dan bisa dikembangkan di bebrapa mapel yang lain. Kata Kunci : Teknologi Virtual Reality ( VR), Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |