El Faqih, Muhammad Zidan (2025) PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION BERBASIS FINANCIAL RISK DAN PRODUCT RISK DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PLATFORM E-COMMERCE LAZADA.ID. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100168_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100168_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
Abstract
Era modernisasi dalam dunia ekonomi telah menghadirkan sistem transaksi berupa e-commerce yang membuat pola transaksi sangat mudah, dengan pelaku – pelaku dalam transaksi tidak harus bertemu untuk melangsungkan perdagangan. Namun, seiring dengan kelebihan yang tersedia, perkembangan e-commerce tidak luput dari kesalahannya berupa sistem yang dapat merugikan. Permasalahan tersebut yaitu financial risk seperti penipuan transaksi, dan product risk seperti ketidaksesuaian kualitas produk yang diterima dengan pendeskripsian. Sehingga fenomena tersebut menimbulkan perasaan takut dan resah dalam benak pelanggan, yang berdampak pada repurchase intention. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh Product risk dan Financial risk terhadap Repurchase intention di Platform Lazada.id dalam area Kota Semarang, melalui Trust sebagai solusi atas permasalahan pelanggan yang mengalami financial risk dan product risk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui data primer dengan penyebaran kepada 110 responden pada seluruh Pengguna Aktif Platform Lazada.id di Kota Semarang. Teknik yang digunakan yaitu non-probability sampling dan purposive sampling dalam menentukan sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan dampak positif dan signifikan pada hubungan Product risk, serta negatif dan tidak signifkan pada hubungan Financial Risk terhadap peningkatan Repurchase intention pada Platform Lazada.id di Kota Semarang dengan Trust yang mampu menjadi variabel intervening. Rekomendasi Trust tersebut diharapkan dapat berkontribusi untuk mewujudkan solusi untuk perkembangan usaha yang berkelanjutan. Kata Kunci : Product risk, Financial risk, Trust, Repurchase intention
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |