Alfiyaturohmaniyyah, Shicha (2025) Adaptasi Guru PAI terhadap Digitalisasi Pendidikan Melalui Platform Merdeka Mengajar : Peluang dan Tantangan Studi Kasus di Kelompok Kerja Guru Kecamatan Terpilih Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200083_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
Abstract
Di era digitalisasi yang berkembang pesat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyadari pentingnya meningkatkan kinerja dan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan transformasi pendidikan. Pemerintah melalui Kemdikbud memperkenalkan platform "Merdeka Mengajar" sebagai upaya memanfaatkan digitalisasi untuk mendukung guru saling belajar, berbagi pengalaman, dan mengembangkan keterampilan mereka. Platform ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru, mendorong mereka untuk berkarya, serta menginspirasi sesama pendidik melalui kolaborasi dan pembelajaran berbasis teknologi. (Kemdikbud-Ristekdikti, 2022) Penelitian ini berfokus pada tantangan dan peluang yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam adaptasi teknologi melalui PMM, khususnya di Kota Semarang. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi guru PAI di Kota Semarang terhadap digitalisasi pendidikan melalui Platform Merdeka Mengajar mengharuskan adanya strategi yang tepat agar penggunaan teknologi dapat berjalan optimal. Beberapa strategi utama meliputi pelatihan dan workshop berkala untuk meningkatkan literasi digital, pembelajaran kolaboratif melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pendekatan mentor-mentee untuk pendampingan khusus. Selain itu, penggunaan teknologi dilakukan secara bertahap untuk mengurangi kesenjangan digital. Evaluasi dan umpan balik rutin juga menjadi kunci untuk memastikan peningkatan berkelanjutan dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran agama. Strategi-strategi ini menjadi solusi penting dalam menghadapi tantangan digitalisasi sambil tetap mempertahankan kualitas pembelajaran agama Islam. Kata Kunci : Adaptasi Guru PAI, Digitalisasi Pendidikan, Platform Merdeka Mengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39403 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |