Habibah, Putri Nur (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENGUATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK DI DAERAH 3T: STUDI KASUS MI Al-MA’ARIF MERAUKE PAPUA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200079_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200079_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi strategi pembelajaran Al-Qur'an dalam memnguatkan akhlakul karimah pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ma'arif yang berlokasi di Merauke, Papua Selatan, sebuah daerah yang termasuk dalam kategori 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Meskipun menghadapi berbagai tantangan dalam bidang pendidikan, daerah ini memiliki potensi besar dalam pengembangan karakter melalui pendidikan agama. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru tahfidz, dan beberapa siswa, serta pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dan analisis dokumen terkait. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur'an di MI Al-Ma'arif mengutamakan pendekatan berbasis pembiasaan, keteladanan, dan pembelajaran yang relevan dengan situasi sosial budaya setempat. Dalam praktiknya, guru menerapkan metode talaqqi, tafsir sederhana, dan menyampaikan cerita-cerita teladan dari Al-Qur'an untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah. Pembelajaran tidak hanya terfokus pada membaca dan menghafal, melainkan juga pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung proses pembelajaran juga mempercepat internalisasi akhlakul karimah pada peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar strategi pembelajaran Al-Qur'an di daerah 3T, khususnya di MI Al-Ma'arif, terus ditingkatkan. Penting untuk memperhatikan kebutuhan dan konteks lokal agar pembentukan karakter peserta didik dapat tercapai secara optimal. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Akhlakul Karimah, Daerah 3T, PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |