Safi’i, Nur (2025) KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DI MTS NURONIYAH MUKOMUKO DALAM MEMBENTUK KAREKTER SISWA DISIPLIN DAN JUJUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200078_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200078_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
Abstract
Kata kunci: Kolaborasi, Karakter Disiplin, Karakter jujur Pendidikan di rumah, pendidikan di sekolah, dan pendidikan di masyarakat merupakan tiga kategori pendidikan. Anak-anak menerima pendidikan awal mereka di rumah. Pendidikan di sekolah merupakan jenis pendidikan yang kedua. Untuk membantu anak-anak mengembangkan karakter yang disiplin dan jujur, orang tua dan pendidik harus bekerja sama. Keberhasilan anak-anak ditentukan oleh keseimbangan nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh orang tua dan guru dalam diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis kerjasama orang tua dan guru dalam membantu peserta didik di MTs Nuroniyah Mukomuko mengembangkan karakter disiplin dan jujur; (2) mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah internalisasi peran orang tua dan guru dalam membantu peserta didik di MTs Nuroniyah Mukomuko mengembangkan karakter disiplin dan jujur; dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi hasil kerjasama karakter peserta didik antara orang tua dan guru dalam menciptakan karakter disiplin dan jujur pada peserta didik di MTs Nuroniyah Mukomuko. MTs Nuroniyah Mukomuko merupakan subjek penelitian studi kasus tunggal dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci sesuai dengan penelitian, sampel wawancara merupakan sampel yang bersifat purposive. Data yang diperoleh kemudian dianalisa melalui empat langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Temuan penelitian ini mengungkapkan (1) bagaimana orang tua membantu mengembangkan karakter anak-anak mereka dengan bertindak sebagai manajer, motivator, fasilitator, katalisator, dan inspirator, (2) Karena orang tua berbeda dalam pengetahuan, pengalaman, budaya, status ekonomi, dan jenis kelamin, pendekatan mereka terhadap pengembangan karakter bervariasi, tetapi tujuan mereka sama. (3) Karena sebagian besar hukuman orang tua-anak didasarkan pada pengalaman awal anak, mereka bervariasi satu sama lain. Menurut temuan penelitian, (1) guru memiliki peran penting dalam membantu siswa mengembangkan sifat karakter yang disiplin dan jujur dengan bertindak sebagai katalisator, pencipta, motivator, inspirator, dan evaluator. (2) Penggunaan teknik pengembangan karakter oleh guru di kelas didasarkan pada kriteria operasional dan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |