PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA DIGITAL DI MI MIFTAHUL HUDA TAMANSARI MRANGGEN DEMAK

WAFA, MUHAMMAD SIRRIL (2025) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA DIGITAL DI MI MIFTAHUL HUDA TAMANSARI MRANGGEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200075_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Era digital telah membawa dampak besar pada dunia pendidikan, termasuk dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter peserta didik di MI Miftahul Huda Tamansari Mranggen Demak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian pada Tesis ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI berperan sebagai pembimbing spiritual, teladan moral, dan motivator, serta menggunakan teknologi digital secara bijak untuk menanamkan nilai-nilai agama. Tantangan seperti paparan konten negatif dan keterbatasan akses teknologi juga dihadapi, namun strategi yang efektif, seperti pendidikan berbasis nilai dan integrasi teknologi, dapat membantu membentuk karakter religius, sopan santun, dan tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan dalam mendukung pembentukan karakter di era digital. Kata Kunci: Guru PAI 1, pembentukan karakter 2, era digital3

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39396

Actions (login required)

View Item View Item