Atikah, Isna (2025) PENANAMAN NILAI-NILAI AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS DARUS SA’ADAH SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200069_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200069_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Agama Islam memiliki peran yang sentral pada pendidikan sekolah. Namun, adanya perbedaan terhadap aliran teologi, hukum Islam, partai politik, kelompok massa, dan lainnya menjadi pemicu utama terciptanya disharmonis antar umat Islam di Indonesia. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai salah satu organisasi Islam turut andil dalam pendidikan dengan menghadirkan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dengan pendekatan yang diambil untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam pendidikan melalui penanaman nilai-nilai ahlussunnah waljama’ah (aswaja). MTs Darus Sa’adah Semarang sebagai salah satu madrasah yang ikut bergabung dalam LP Ma’arif NU Kota Semarang, dimana nilai-nilai aswaja menjadi ciri khas dari pendidikan NU ini ditanamkan pada diri peserta didik baik dalam pembelajaran maupun pada kegiatan keagamaan dengan harapan dapat terbentuk karakter religius pada peserta didik. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian lapangan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpu data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya: (1) konsep aswaja di MTs Darus Sa’adah Semarang berdasar pada nilai tawasuth, i’tidal, tawazun, dan tasamuh. (2) proses penanaman nilai-nilai aswaja terdiri dari 3 tahap meliputi: aswaja knowing, aswaja feeling, dan aswaja action yang dilaksanakan melalui kegiatan keagamaan. (3) dampak penanaman nilai-nilai aswaja melalui kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius peserta didik yaitu merasa senang dan bersyukur saat bergaul dengan teman-teman dengan segala perbedaan yang diciptakan Allah, mengagumi dan mensyukuri sempurnanya Allah menciptakan manusia, merasakan atas kekuasaan Allah yang telah menciptakan beragam keteraturan dalam berbahasa, beraneka ragamnya bahasa dan suku bangsa. Kata Kunci: Ahlussunnah Waljama’ah, Kegiatan Keagamaan, Karakter Religius
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:57 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39394 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |