Rahmawati, Irma Putri (2025) STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN (LPQ) DALAM MEMBANGUN AKHLAK ANAK DI KAWASAN URBAN KELURAHAN TAMBAKREJO KOTA SEMARANG PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200068_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui, mengkaji, serta mendeskripsikan tentang strategi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) membangun akhlak anak di kawasan urban Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menelaah fenomena sosial secara langsung dan wajar serta menganalisisnya secara mendalam. Peneliti berperan sebagai pengamat dalam pembentukan akhlak santri Lembaga Pendidikan Al-Qur’an. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara, serta pengamatan dalam proses pembelajaran melalui observasi, wawancara dan dokumemntasi. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa dalam strategi membangun akhlak anak terdapat faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam pembentukan akhlak demikian ini terbagi menjadi faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal diantaranya seperti: antusiasme santri yang tinggi dalam pembelajaran, asatiz yang kompeten, penggunaan metode yang tidak monoton, lingkungan pembelajaran, dll. Adanya upaya pembentukan akhlak santri tersebut telah memperoleh hasil yang dapat dilihat melalui perubahan akhlak santri terhadap guru yang telah memenuhi beberapa indikator akhlak. Dalam membangun akhlak anak di LPQ terdapat faktor pendukung dan penghambat yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi proses pembentukan akhlak santri. Diketahui bahwa faktor pendukung pembentukan akhlak santri yaitu: semangat antusiasme santri yang tinggi, kualitas guru atau pengajar yang profesional, pembelajaran yang tidak monoton sehingga santri tidak mudah merasa bosan. Sedangkan faktor penghambat proses pembentukan santri yaitu: faktor lingkungan yang kurang mendukung, terbatasnya tempat pembelajaran, kondisi latar belakang pendidikan santri yang beragam. Kata Kunci: Strategi membangun akhlak, akhlak anak, faktor-faktor akhlak, Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |