STRATEGI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DI TK AL BATTANI MRANGGEN DEMAK

SHOLEKAH, INTEN TEMU MARATUS (2025) STRATEGI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK DI TK AL BATTANI MRANGGEN DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200067_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi keteladanan dan pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di Tk Al Battani Mranggen Demak. Aspek yang diteliti meliputi strategi keteladanan dan pembiasaan guru, perencanaan strategi keteladanan dan pembiasaan, pelaksanaan strategi keteladanan dan pembiasaan, evaluasi strategi keteladanan dan pembiasaan serta faktor pendukung dan penghambat strategi keteladanan dan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa strategi keteladanan dan pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di Tk Al Battani Mranggen Demak, meliputi : 1) Strategi dalam menanamkan nilai-nilai akhlak menggunakan strategi keteladanan dan pembiasaan. 2) Implementasi strategi keteladanan dan pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di Tk Al Battani Mranggen meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebelum melakukan program kegiatan di Tk Al Battani Mranggen Demak melakukan perencanaan program terlebih dahulu setelah itu baru pelaksanaan, adapun kegiatan program di Tk Al Battani dalam rangka untuk menanamkan nilai-nilai akhlak adalah praktek sholat dhuha berjamaah, membiasakan 5S, mengisi kotak infaq, setelah pelaksanaan guru selalu melakukan evaluasi kegiatan. 3) faktor pendukung dan penghambat strategi keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukung meliputi, pendidik/guru, minat peserta didik, suport pihak sekolah, suport pihak keluarga. Adapun faktor penghambat meliputi latar belakang keluarga dan pemahaman agama peserta didik, kurangnya motivasi diri sendiri, dan teman sebaya. Berdasarkan data-data tersebut disimpulkan bahwa strategi keteladanan dan pembiasaan guru di Tk Al Battani Mranggen sudah berjalan dengan baik. Namun masih ada yang perlu diperhatikan untuk faktor penghambatnya, supaya strategi tersebut bisa berjalan lebih baik lagi dan lebih maksimal lagi. Kata kunci: strategi keteladanan dan pembiasaan, nilai-nilai akhlak, pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39392

Actions (login required)

View Item View Item