UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN WANATAWANG 03 KECAMATAN SONGGOM KABUPATEN BREBES

Wulandari, Cendy (2025) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN WANATAWANG 03 KECAMATAN SONGGOM KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Cendy Wulandari: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN Wanatawang 03 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes Kejenuhan belajar yang dialami oleh peserta didik pada saat proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang mengalami mengantuk, ribut, tidur, sering izin keluar masuk kelas dan malas untuk mendengarkan materi yang sedang dijelaskan oleh guru di depan. Kejenuhan belajar disebabkan karena metode pembelajaran yang terlalu monoton, kurangnya motivasi belajar dari peserta didik dan suasana pembelajaran yang hanya dilakukan di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik, dan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan instrument pengumpulan data yang digunkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa metode yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam di SDN Wanatawang 03 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes dalam pembelajaran yaitu menggunakan metode ceramah dengan mengkolaborasikannya pada metode diskusi. Faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik kelas IV di SDN Wanatawang 03 Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes yaitu belajar hanya di kelas dan suasan belajar yang tidak berubah-ubah, kurangnya motivasi belajar peserta didik, dan metode pembelajaran yang monotn atau metode yang tidak bervariasi. Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik yaitu dengan melakukan pendekatan pada peserta didik, meingkatkan motivasi belajar peserta didik, dan menerapkan metode yang bervariasi. Kata Kunci: Upaya Guru, Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39383

Actions (login required)

View Item View Item