UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS VII MTs HASANUDDIN PLOSOREJO KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA TAHUN 2024

ROHMAN, MOCH. FIKRI TAUFIQUR (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS VII MTs HASANUDDIN PLOSOREJO KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200026_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian dalam Tesis ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas VII MTs Hasanuddin Plosorejo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (qualitative method). Penelitian ini dipilih karena bertujuan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut atau perspektif partisipan. Secara menyeluruh penelitian kualitatif (qualitative research) bertujuan menggambarkan dan mengungkap (to describe and explore). Dari data yang diperoleh dan hasil analisis penulis di lokasi penelitian menunjukkan, Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas MTs Hasanuddin Plosorejo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun 2024, terbilang berhasil. Keberhasilan tersebut ditunjukkan melalui keteladanan, pembiasaan, ajakan peduli anak dan kegiatan ekstra kurikuler. Sedangkan karakter Jujur siswa Tahun 2024 adalah: 1) Bersahabat dan komunikatif 2) kejujuran lisan dan tanggung jawab 3) kejujuran dalam kehendak 4) peduli lingkungan dan social. Mengenai faktor pendukung pembentukan karakter Jujur adalah: 1) keikhlasan guru 2) terbentuknya kekompok belajar. Tidak ada hambatan yang serius dalam pembentukan karakter jujur ini namun sedikit kendala penghambatnya adalah tidak semua siswa taat pada aturan-aturan sekolah. Keberhasilan yang siswa dapatkan dalam menanamkan karakter jujur antara lain, siswa percaya diri dalam berkomunikasi, siswa lebih jujur dan tanggung jawab dalam hal apapun, siswa lebih bersikap jujur dalam berkehendak/sebelum melakukan sesuatu apapun, siswa percaya diri untuk membantu sesama (peduli lingkungan dan sosial). Kata kunci: Upaya, Guru PAI, Karakter Jujur, MTs Hasanuddin Plosorejo Banjarejo, Blora.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Apr 2025 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39370

Actions (login required)

View Item View Item