PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT GASTRITIS PADA SISWA SMA

Hanifah, Hanifah (2025) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT GASTRITIS PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100097_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)

Abstract

Latar Belakang : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi kesehatan dengan metode flipped classroom terhadap peningkatan pengetahuan tentang penyakit gastritis pada siswa SMA. Gastritis, yang merupakan peradangan pada mukosa lambung, sering terjadi di kalangan remaja dan dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan remaja mengenai gastritis, yang disebabkan oleh metode pembelajaran tradisional yang kurang interaktif. Metode flipped classroom dipilih sebagai strategi pembelajaran alternatif yang memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri di rumah melalui media digital, sebelum menerapkan pengetahuan tersebut dalam diskusi dan aktivitas di kelas, diharapkan siswa dapat lebih aktif terlibat dalam proses belajar dan meningkatkan pemahaman mereka tentang gastritis. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasy eksperimen dengan menggunakan pendekatan two group pretest and posttest group design. Sampel yang digunakan yaitu siwa kelas XI IPA dan XI IPS MA Darut Taqwa Semarang. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 48 responden. Uji statistik pada penelitian ini ialah uji marginal homogeneity dan uji chi-square. Hasil : Hasil penelitian menggunakan uji chi-square, menunjukkan bahwa antara setelah perlakuan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi memperoleh nilai p value 0,005<0,05. Hal ini menunjukkan signifikan dalam pengetahuan siswa tentang gastritis setelah mengikuti program edukasi menggunakan metode flipped classroom. Kesimpulan : terdapat pengaruh metode pembelajaran menggunakan flipped classroom terhadap peningkatan pengetahuan tentang penyakit gastritis. Kata Kunci : Flippeed Classroom, Gastritis, Peningkatan Pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39365

Actions (login required)

View Item View Item