Zain, Khansa Nabila (2025) PERAN SALESPERSON ENERGIZING RELATIONSHIP DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENJUALAN: PENDEKATAN TEORI ABILITY, MOTIVATION DAN OPPORTUNITY (Studi kasus pada Industri kecantikan di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100132_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100132_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Salesperson Autonomy, Relational Capital dan Customer Orientation yang berperan meningkatkan Salesperson Performance melalui Salesperson Energizing Relationship. Mengamati tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap industri kecantikan, yang terlihat dari berkembangnya tren kecantikan dan gaya hidup yang mementingkan penampilan, kebutuhan akan produk kosmetik, perawatan kulit, dan perawatan tubuh terus meningkat. Hal ini menciptakan peluang bagi perusahaan di industri kecantikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis). Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada tenaga penjual di industri kecantikan di seluruh Jawa Tengah, sementara data sekunder diperoleh dari publikasi jurnal, buku, dan media informasi elektronik. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 202 responden dari jumlah tenaga kerja yang ada di dunia industri kecantikan di Jawa Tengah, Indonesia. Pengumpulan data ini melalui penyebaran kuesioner dan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini termasuk Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji mediasi dan Pengujian Penelitian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Salesperson Autonomy, Relational Capital dan Customer Orientation berpengaruh positif signifikan terhadap Salesperson Performance dengan diperkuat pengaruhnya menggunakan Salesperson Energizing Relationship. Sehingga perusahaan yang menerapkan dan memperhatikan lebih lanjut terkait variabel-variabel tersebut dapat meningkatkan Salesperson Performance yang dimiliki oleh industri kecantikan Paragon Corp Jawa Tengah. Kata Kunci : Salesperson Autonomy, Relational Capital, Customer Orientation, Salesperson Energizing Relationship, Salesperson Performance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 16 May 2025 02:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |