Ikhfina, Faza Lailatul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100136_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100136_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media video terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Februari 2025, dengan metode korelasi dan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 50 peserta didik, dan data diperoleh melalui kuesioner (skala Likert) serta dokumentasi nilai rapor. Analisis data penelitian menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media video terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang sebesar 39% (koefisien determinasi), sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Media Video, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |