AZIZAH, RISDA ALIFIA NUR (2025) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZUL QUR’AN ONE DAY ONE COLOUR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SD ISLAM PANGERAN DIPONEGORO SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100129_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100129_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Untuk mengetahui kemampuan hafalan peserta didik dengan metode Tahfidzul Qur’an One Day One Colour di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SD Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan waktu guna memastikan keakuratan dan kredibilitas temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode One Day One Colour dalam menyusun rencana pembelajaran sudah baik karena sudah mencerminkan pembelajaran tahfidzul Qur’an yang terprogram secara utuh. Kemudian dalam melaksankan pembelajaran sudah efektif karena menunjukkan hasil atau pengaruh sesuai dengan target yang sudah disusun. Kemudian evaluasi memiliki keunggulan lebih menyenangkan, cepat, terstruktur, dan mudah. Namun, terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti perbedaan kemampuan menghafal peserta didik, keterbatasan penerapan, dan hambatan dari guru. Sekolah telah berupaya mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode One Day One Colour berkontribusi signifikan meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik Peningkatan ini terlihat dari peningkatan hafalan secara umum, serta peningkatan pada tiga aspek hafalan, yaitu kelancaran, ketepatan, dan kemampuan muraja'ah. Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, One Day One Colour, hafalan Al-Qur’an, metode tahfidz, pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:50 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |