IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NU MRANGGEN

PRAMESTI, YASIVA AYU (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs NU MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100120_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100120_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan tentang proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan oleh guru akidah akhlak di MTs NU Mranggen. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran akidah akhlak oleh guru akidah akhlak yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik kelas VII. 2) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak meningkatnya motivasi belajar siswa, akan tetapi terdapat hambatan oleh guru seperti target kurikulum yang ketat, keterbatasan waktu, dan tidak semua peserta didik aktif dalam pembelajaran, sehingga tidak optimalnya pembelajaran berdiferensiasi yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak. 3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh madrasah berupa rapat rutin oleh kepala madrasah untuk mengetahui hambatan dalam implementasi pembelajaran di sekolah, salah satunya pembelajaran berdiferensiasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di MTs NU Mranggen sudah berjalan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh guru akidah akhlak dan peserta didik. Implementasi pembelajarn berdiferensiasi sudah sesuai dengan teori Carrol Tomlinson. Akan tetapi dalam pembelajaran berdiferensiasi terdapat hambatan oleh guru akidah akhlak yaitu keterbatasan waktu, target kurikulum yang ketat, dan tidak semua siswa aktif dalam penbelajaran, sehingga, tidak optimal nya implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MTs NU Mranggen. Kata Kunci : Implementasi, Berdiferensiasi, Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39341

Actions (login required)

View Item View Item