Noviana, Karina Yogi (2025) MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN UKM BATIK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402100130_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402100130_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model peningkatan kinerja pemasaran pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) batik di Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus yang berarti jumlah populasi sama dengan sampel. Sampel diambil sebanyak 54 responden dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan Orientasi pasar berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh positif secara signifikan terhadap inovasi organisasi. Inovasi organisasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja pemasaran. Inovasi organisasi mampu memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci : Orientasi Pasar, Inovasi Organisasi, Kinerja Pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |