Hidayah, Upik Catur Nurul (2025) PERAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100116_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100116_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 9 Semarang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Berbasis Sekolah telah berperan penting dalam peningkatan mutu pembelajaran PAI di sekolah ini melalui beberapa bentuk: (1) Pengembangan kurikulum secara adaptif (2) Peningkatan kualitas Guru (3) Optimalisasi Sumber Daya (4) Peningkatan Partisipasi Stakeholder dalam Pembelajaran. Peran-peran tersebut terlaksana dengan baik yang ditandai dengan menigkatnya mutu pembelajaran PAI di sekolah ini berupa kualitas standar guru PAI dan prestasi akademik peserta didik, peningkatan motivasi belajar dalam pembelajaran PAI maupun kegiatan atau ekstrakurikuler yang berkaitan dengan PAI serta penguatan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung pelaksanaan MBS meliputi kebijakan desentralisasi, partisipasi aktif masyarakat dan orang tua, dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambatnya mencakup kurangnya pemahaman terhadap konsep MBS, dan kesibukan guru diluar sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan pemahaman konsep MBS, dan optimalisasi partisipasi warga sekolah untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan MBS dalam pembelajaran PAI. Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:17 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |