IVADAH, UMMI AL (2025) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANGANI PERUNDUNGAN DI MTS ASY-SYARIFAH BRUMBUNG MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100115_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100115_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak dalam menangani perundungan di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana bentuk-bentuk perundungan di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak, bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi perundungan di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak, dan faktor pendukung dan faktor pengambat dalam mengatasi perundungan di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunaka observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kebsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian bahwa di MTs Asy-Syarifah Brumbung Mranggen Demak terdapat beberapa bentuk-bentuk perundungan verbal, perundungan fisik dan perundungan psikologis atau mental, Strategi yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak dalam menangani perundungan mencakup pemberian nasihat dan himbauan, penerapan hukuman dengan tingkat sanksi yang berbeda, pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, pemberian hadiah bagi perilaku positif, serta penerapan surat perjanjian bermaterai sebagai bentuk komitmen peserta didik untuk menghindari perundungan. Faktor pendukung dalam penanggulangan perundungan antara lain kesediaan peserta didik untuk melapor dan adanya sarana pendukung seperti CCTV, TV LED. Namun, faktor penghambat yang dihadapi meliputi sikap tertutup korban, ketidakpedulian teman sebaya, sulitnya memberikan nasihat kepada peserta didik, serta kurangnya kerja sama dari pihak orang tua. Kata Kunci : Strategi, Guru Akidah Akhlak dan Perundungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |