ZULFA, ULINNUHA (2025) IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD IT CAHAYA UMMAT BONGKOK KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100113_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100113_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam proses belajar mengajar yang belum maksimal. Banyak peserta didik yang masih kurang memahami ajaran Islam, yang bisa disebabkan oleh kurangnya partisipasi mereka atau metode mengajar yang kurang menarik. Oleh karena itu, metode active learning dipilih sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan active learning dalam pembelajaran PAI di SD IT Cahaya Ummat Bongkok, serta dampaknya terhadap karakter peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Data diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah dan guru PAI, serta hasil observasi dan dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan active learning relevan untuk diterapkan pada pembelajaran PAI, penerapan dari pembelajaran aktif tersebut berhasil dalam membentuk karakter religius, moral, dan disiplin pada peserta didik. Kata Kunci: Active Learning, Karakter peserta didik, Pendididkan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |