IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM BILINGUAL BOARDING SCHOOL DI MTs NEGERI 5 REMBANG TAHUN AJARAN 2024/2025

RAHAYU, SRI NUR (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM PROGRAM BILINGUAL BOARDING SCHOOL DI MTs NEGERI 5 REMBANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100110_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100110_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tentang proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi kurikulum yang digunakan di MTsN 5 Rembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode field research. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi secara langsung, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan 1) Perencanaan kurikulum yang diperoleh pengelola program serta pihak madrasah mengadopsi kurikulum dari MTsN 1 Pati dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 2) Pelaksanaan, pihak pengelola sangat memperhatikan betul mengenai beberapa persiapan yang digunakan baik berupa pengajar ataupun modul ajar yang pastinya juga disesuaikan dengan tujuan madrasah. Adanya ekstrakurikuler serta beberapa kegiatan seperti English Camp, Funtastic Meeting dan Holiday In Pare juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbahasa. Kewajiban mengikuti kegiatan boarding school menjadi salah satu langkah untuk menjadikan peserta didik lebih terampil dan berani berbicara dengan Bahasa asing. 3) Evaluasi yang dilaksanakan oleh madrasah berupa ujian akhir semester yang berbasis Bahasa Inggris dan Arab untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya kurikulum program bilingual boarding school di MTs Negeri Rembang ini sudah berjalan sesuai dengan indikator kurikulum menurut Tyler serta kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik sudah sesuai dengan indikator bilingual menurut Leonard Bloomfield. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Bilingual Boarding School

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item