IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MAWAQIUL ULUM KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025

NADA, SIFKA RUGBATUN (2025) IMPLEMENTASI VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MAWAQIUL ULUM KUDUS TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100109_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100109_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran Fikih di MTs Mawaqiul Ulum Kudus tahun ajaran 2024/2025. Variasi metode pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Fikih yang memerlukan pendekatan teoritis dan praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi metode pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, praktik, dan pemberian tugas, diterapkan secara dinamis oleh guru untuk menyesuaikan dengan materi yang diajarkan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, yang memengaruhi efektivitas penerapan variasi metode ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan variasi metode pembelajaran yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Fikih. Diharapkan temuan ini dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan. Kata Kunci : Variasi Metode, Pelajaran Fikih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39297

Actions (login required)

View Item View Item