HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN SIKAP BEKERJA SAMA DALAM MENGIKUTI INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE)

Piyantika, Erlita Hera Tri (2025) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN DENGAN SIKAP BEKERJA SAMA DALAM MENGIKUTI INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100076_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Latar belakang : IPE merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif yang melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi kesehatan untuk meningkatkan pemahaman lintas profesi dan kemampuan kerja tim. Persepsi mahasiswa terhadap IPE memegang peran penting dalam membentuk sikap mereka terhadap kerja sama, seperti saling menghargai, komunikasi yang efektif, dan penyelesaian konflik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara persepsi mahasiswa dengan sikap bekerja sama dalam mengikuti IPE. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sempel menggunakan simple random sampling. Hasil : Penelitian yang dilaksanakan menunjukan hasil responden terbanyak masuk dalam kategori baik 89 ( 59,3%) responden. Hasil uji statistic diperoleh nilai pvalue :0,00 (< 0.05) yang artinya adanya hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa keperawatan dengan sikap bekerja sama dalam mengikuti IPE. Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan anatara persepsi mahasiswa keperawatan dengan sikap bekerja sama dalam mengikuti IPE dengan p- value 0,000 dengan keeratan hubungan yang baik. Kata Kunci : Persepsi mahasiswa, sikap bekerja sama, Interprofessional Education, kolaborasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Apr 2025 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39286

Actions (login required)

View Item View Item