INDRIYANI, SEVI (2025) PENGARUH METODE MAKE A MATCH BERFITUR QR MURATTAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI HAFALAN SURAH AL-QUR’AN KELAS IV DI SDIT AL MAWADDAH SEMARANG TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100108_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100108_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Make a Match berfitur QR Murattal terhadap peningkatan hasil belajar materi hafalan surah Al-Qur’an di kelas IV SDIT Al Mawaddah Semarang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam menghafal Al-Qur’an, yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang variatif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, tes hafalan (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Make a Match berfitur QR murattal kelas IV di SDIT Al Mawaddah dari hasil angket diperoleh pada interval 66-80 tepatnya dengan nilai rata-rata sebesar 67,46. yang berada pada kategori “sangat baik”. 2) Metode Make a Match berfitur QR dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan kenaikan 0,672 atau mengalami kenaikan sedang. 3) Pembelajaran menggunakan metode Make a Match berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didi kelas IV di SDIT Al Mawaddah, karena menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,005. Penelitian bisa menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Make a Match berfitur QR murattal berjalan dengan sangat baik, maka terdapat pengaruh terhadap hasil belajar hafalan surah Al-Qur’an peserta didik. Kata Kunci: Make a Match berfitur QR murattal l, hasil belajar, hafalan surah Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |