STRATEGI GURU PAI DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN GENUKSARI 01 TAHUN AJARAN 2024/2025

ROFIQOH, RIFKATUR (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN GENUKSARI 01 TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100101_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100101_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi guru PAI dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di SDN Genuksari 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kejenuhan belajar peserta didik di SDN Genuksari 01 Semarang, 2) untuk mengetahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru PAI di SDN Genuksari 01 Semarang dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik, 3) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di SDN Genuksari 01 Semarang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : 1) Kejenuhan Belajar Peserta didik di SDN Genuksari 01 Semarang khususnya pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu : yang pertama faktor internal yg berasal dari pribadi peserta didik, yang kedua faktor eksternal yang berasal dari keluarga, teman atau lingkungan sekitar, yang ketiga yaitu berasal dari strategi mengajar guru yang kurang bervariasi. 2) Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SDN Genuksari 01 Semarang yaitu dengan menggunakan media visual,audiovisual, games based learning, story telling, dan bertukar peran. 3) Faktor-faktor yang mendukung guru Pendidikan Agama Islam di SDN Genuksari 01 dalam menerapkan strategi pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan belajar berasal dari kemampuan guru itu sendiri dalam mencari variasi dan kreasi pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya produksi bahan ajar audiovisual sendiri yang sesuai dengan materi. . Sehingga guru merasa sulit untuk menyatukan bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran peserta didik. Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Mengelola Kelas, Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39268

Actions (login required)

View Item View Item