NISA’, OKTA CHOIRUN (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS 5 MI MIFTAHUSH SHIBYAN 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100099_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100099_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Akidah Akhlak dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas 5 MI Miftahush Shibyan 01 Semarang serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Akidah Akhlak memiliki peran penting sebagai pendidik yang komunikatif, pembimbing, motivator, fasilitator, dan evaluator dalam pembinaan akhlak peserta didik. Guru memberikan contoh langsung, membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan, memotivasi melalui kisah-kisah inspiratif, dan menggunakan media pembelajaran seperti LKS dan PPT. Adapun peran guru yang menonjol adalah peran guru sebagai pendidik yang komunikatif, dimana guru memberikan contoh akhlak terpuji secara langsung kepada peserta didik. Adapun peran guru yang masih kurang optimal yaitu peran guru sebagai fasilitator, dimana fasilitas sekolah kurang memadai, seperti laptop guru, selain itu juga ketrampilan guru yang masih lemah dibidang teknologi. Faktor pendukung pembinaan akhlak meliputi teladan guru, metode pembelajaran yang efektif, dan dukungan orang tua. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik, pengaruh negatif media sosial, dan kurangnya perhatian peserta didik selama pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang strategi efektif dalam pembinaan akhlak peserta didik serta menjadi referensi bagi pengembangan pendidikan akhlak di sekolah. Kata Kunci: Peran Guru, Akhlak, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 May 2025 07:02 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |