IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR (SAC) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ROUDLOTUS SYUBBAN MRANGGEN DEMAK

AZZUHRI, OKKYAWAN AHMAD KHOIRUDDIN (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR (SAC) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ROUDLOTUS SYUBBAN MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100098_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100098_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Okkyawan Ahmad Khoiruddin Azzuhri. 31502100098. IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR (SAC) DALAM PEMBELAJARAN FIKIH PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ROUDLOTUS SYUBBAN MRANGGEN DEMAK. Skripsi, Semarang: Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung, Januari 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbasis aplikasi Smart Apps Creator (SAC) dalam pembelajaran fikih untuk peserta didik kelas IV di MI Roudlotus Syubban Mranggen Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran PBI berbasis SAC telah dilakukan dengan baik. Guru telah menyusun modul ajar yang lengkap dan merancang media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi SAC. Tahapan perencanaan meliputi analisis capaian pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran, penyusunan alur tujuan pembelajaran, dan penyusunan asesmen. 2) Pelaksanaan pembelajaran PBI berbasis SAC berjalan sesuai dengan rencana. Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik, menyajikan masalah melalui aplikasi SAC, memfasilitasi diskusi kelompok, dan membimbing peserta didik dalam mencari informasi. Aplikasi SAC dan "Bola Putar" (wheel of names) juga dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. 3) Evaluasi pembelajaran PBI berbasis SAC dilakukan melalui observasi langsung, asesmen, dan evaluasi terhadap aplikasi SAC. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Fikih dan menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran; Problem Based Instruction (PBI); Smart Apps Creator (SAC)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39263

Actions (login required)

View Item View Item