PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER EXPERIENCE DENGAN MEDIASI ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (Studi Kasus Pada Tokopedia Indonesia)

Firmanita, Dila (2025) PENINGKATAN REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER EXPERIENCE DENGAN MEDIASI ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH (Studi Kasus Pada Tokopedia Indonesia). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402100079_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Manajemen_30402100079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Value dan Customer Experience terhadap Repurchase Intention dengan mediasi Electronic Word of Mouth pada pengguna Tokopedia di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengguna aktif Tokopedia dan telah melakukan pembelian lebih dari dua kali, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis jalur untuk menguji hubungan antar variabel dan peran mediasi e-WOM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap Repurchase Intention, kecuali Customer Experience yang tidak menunjukkan pengaruh signifikan langsung terhadap Repurchase Intention. Perceived Value berpengaruh positif signifikan terhadap eWOM, yang pada gilirannya berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara Perceived Value dan Repurchase Intention. Meskipun Customer Experience memiliki pengaruh signifikan terhadap eWOM, pengaruh langsungnya terhadap Repurchase Intention tidak terbukti signifikan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman bahwa eWOM memainkan peran penting sebagai mediator dalam meningkatkan Repurchase Intention, khususnya di platform e-commerce seperti Tokopedia. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut adalah untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan Customer Experience serta menggali lebih dalam tentang peran mediasi eWOM dalam konteks platform e-commerce. Kata Kunci: Repurchase Intention, Perceived Value, Customer Experience, eWOM, Tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 24 Apr 2025 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item