ILMA, MUHAMMAD YAZID (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MI SABILUL HUDA GALIRAN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100083_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam pembinaan akhlak siswa, mengidentifikasi metode yang digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, serta menganalisis dampaknya terhadap perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles hubermen meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan akhlak di MI Sabilul Huda dilakukan secara konsisten melalui berbagai metode, termasuk pembiasaan, keteladanan, kedisiplinan, serta motivasi dari guru. Guru berperan sebagai teladan bagi siswa, di mana perilaku positif yang mereka tunjukkan cenderung ditiru oleh peserta didik. Selain itu, terdapat peningkatan perilaku siswa, meskipun masih menghadapi tantangan seperti pengaruh lingkungan dan kesadaran diri siswa yang masih rendah. Pembinaan akhlak tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter agar nilai-nilai moral dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Guru;Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |