STRATEGI PEMBINAAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI LOMBA MAPSI PESERTA DIDIK SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01 TAHUN AJARAN 2024/2025

IBRAHIM, M. ERIK (2025) STRATEGI PEMBINAAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI LOMBA MAPSI PESERTA DIDIK SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01 TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100069_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Pembinaan merupakan suatu bentuk tindakan berupa pengarahan dan tahapan agar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Aktivitas pembinaan sangat penting dilakukan, salah satunya pada lingkungan pendidikan yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui strategi pembinaan yang dilakukan oleh guru PAI kepada peserta didik dalam meningkatkan prestasi lomba mapsi peserta didik SD Negeri Sembungharjo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang didapat dari sumber utama yang diperoleh dari hasil wawancara secara langsung peneliti dengan guru PAI yang dipadukan dengan hasil observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini adalah data tidak langsung yang didapat dari dokumen tambahan yang dibutuhkan dalam penelitian. Adapun dokumen pendukung yang dibutuhkan terdiri dari informasi kepala sekolah dan peserta didik. Kemudian dokumen lain seperti piagam, piala, surat keterangan pembinaan, transkrip wawancara, dokumentasi serta dokumen tertulis lainnya. Adapun uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas melalui teknik triangulasi. Secara umum, triangulasi dibagi menjadi tiga macam terdiri dari triangulasi teknik, sumber dan waktu. Namun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan pada analisis data dapat diketahui bahwa prestasi lomba MAPSI yang diraih peserta didik SD Negeri Sembungharjo 01 beragam dari cabang lomba mapsi yang diikuti. Adapun strategi pembinaan yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan prestasi lomba mapsi peserta didik SD Negeri Sembungharjo 01 terdiri dari pengarahan (coaching), pendampingan (mentoring) serta peragaan (modelling). Kata Kunci : Strategi Pembinaan; Prestasi; Peserta Didik; PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39232

Actions (login required)

View Item View Item