PENERAPAN METODE “QUR'AN FOLLOW THE LINE” PADA SISWA KELAS VII-A DI MTSN 8 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Aushaf, Mahartika Syadza (2025) PENERAPAN METODE “QUR'AN FOLLOW THE LINE” PADA SISWA KELAS VII-A DI MTSN 8 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100067_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100067_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode “Qur’an Follow The Line” (QFTL) pada siswa kelas VII-A untuk meningkatkan kemampuan menulis di MTsN 8 Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan melibatkan praktik metode QFTL. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan triangulasi waktu, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Gambaran penerapan metode QFTL pada siswa kelas VII-A di MTsN 8 Sleman. 2) Hasil diterapkannya metode QFTL pada siswa yaitu didapati kemampuan menulis huruf Arab siswa meningkat.3) Adanya faktor pendukung yaitu pendidik yang kompeten, fasilitas sekolah yang memadai,dan motivasi peserta didik yang tinggi. 4) Faktor penghambat dalam penerapan metode QFTL yaitu kurangnya dukungan dari lembaga pendidikan dan kurangnya dana dalam menyelenggarakan metode QFTL. Kata Kunci : Qur’an Follow the Line, Kemampuan Menulis, Penerapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39225

Actions (login required)

View Item View Item