HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BALITA (0-6 BULAN) DI PUSKESMAS GAJAH 1 DEMAK

Margativera, Devia (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BALITA (0-6 BULAN) DI PUSKESMAS GAJAH 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100049_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Latar Belakang: ASI merupakan kebutuhan makanan pertama dan terbaik bagi bayi. ASI yang memiliki banyak bahan dan nutrisi diperlukan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Faktor utama kematian bayi baru lahir dan balita merupakan rendahnya tingkat menyusui dini dan ASI Eksklusif. Asupan ASI balita, termasuk energi dan nutrisi lainnya, mungkin sangat memengaruhi tumbuh kembangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI Eksklusif pada balita (0-6 bulan) di Puskesmas Gajah 1 Demak. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Obervasi Analitik dan menggunakan desain penelitian crossectional. jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 123 responden, Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Total Sampling. Dengan mengunakan analisis uji Spearman Rank. Hasil: Hasil uji statistik diperoleh nilai p-value: 0,003 (<0.05) yang artinya terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI Eksklusif. Simpulan: Ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI Eksklusif pada balita (0-6 bulan) di Puskesmas Gajah 1 Demak. Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku Pemberian ASI Eksklusif, Balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Apr 2025 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39220

Actions (login required)

View Item View Item