KEEFEKTIFAN PENERAPAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMENT FOR LEARNING PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUS SHIBYAN 01 GENUKSARI SEMARANG

ISTIKOMAH, ISTIKOMAH (2025) KEEFEKTIFAN PENERAPAN QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMENT FOR LEARNING PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI MIFTAHUS SHIBYAN 01 GENUKSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100056_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Quizizz sebagai media assessment for learning (AFL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI Miftahus Shibyan 01 Genuksari Semarang. Data dikumpulkan melalui angket, pre-test, dan post-test. Validitas instrumen diuji menggunakan Aiken’s V dan product moment, reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha, serta normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk test. Analisis paired t-test digunakan untuk menguji perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz sebagai media AFL lebih efektif dibandingkan metode konvensional (paper test), terbukti dengan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan Quizizz. Nilai pre-test berkisar antara 30-70, meningkat menjadi 80-100 pada post-test setelah penerapan Quizizz. Kata kunci : Efektivitas, Quizizz, Asessment For Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 04:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39208

Actions (login required)

View Item View Item