AZMI, DELTA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN 01 MRANAK KABUPATEN DEMAK TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100043_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100043_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SDN 01 Mranak, Kabupaten Demak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru meliputi perencanaan pembelajaran yang sistematis, penggunaan metode aktif dan kontekstual, serta evaluasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Pendekatan saintifik dan kontekstual digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama dan moral. Selain itu, penggunaan media pembelajaran seperti video, alat peraga, dan diskusi kelompok berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif. Kesimpulannya, strategi yang diterapkan oleh guru di SDN 01 Mranak telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, meskipun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Kata Kunci : Strategi guru, Kualitas Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 May 2025 04:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |