KEEFEKTIFAN KITAB ‘TIJAN AD-DARORI’ SEBAGAI BAHAN AJAR AKIDAH DI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH IBTIDA’IYYAH AL-ITQON BUGEN SEMARANG TAHUN AJARAN 1445/1446 H

Fitriyani, Aulia (2025) KEEFEKTIFAN KITAB ‘TIJAN AD-DARORI’ SEBAGAI BAHAN AJAR AKIDAH DI KELAS 3 MADRASAH DINIYAH IBTIDA’IYYAH AL-ITQON BUGEN SEMARANG TAHUN AJARAN 1445/1446 H. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100037_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100037_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Di dalam agama Islam, Akidah merupakan kewajiban yang paling utama bagi setiap manusia untuk mengenal Allah. Kitab ’Tijan ad-Darori’ merupakan salah satu kitab Akidah yang familiar di pondok pesantren. Kitab ini dinilai efektif untuk diajarkan pada santri tingkat dasar. Pemilihan kitab ini adalah berdasarkan pada tingkat keterangan yang lebih lengkap dibandingkan dibawahnya yakni kitab Aqidatul Awwam dan Aqoid 50. Dalam praktiknya, kitab ini bisa diajarkan dengan beberapa jenis metode seperti metode ceramah, diskusi, maupun hafalan. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran kitab ‘Tijan ad-Darori’ yang diajarkan di Madrasah Diniyah Al-Itqon Bugen Semarang pada tingkat dasar yakni kelas 3 Ibtida’iyyah. Dalam penelitian ini tujuan yang akan dicapai berupa: 1) Mengetahui apa saja materi Akidah yang terdapat dalam kitab ‘Tijan ad-Darori’. 2) Mengetahui sejauh mana pemahaman santri kelas 3 Madrasah Diniyah Ibtida’iyyah Al-Itqon Bugen Semarang terhadap materi Akidah yang diajarkan dalam kitab ‘Tijan ad-Darori’. 3) Mengetahui bagaimana keefektifan kitab ‘Tijan ad-Darori’ sebagai bahan ajar Akidah di kelas 3 Madrasah Diniyah Ibtida’iyyah Al-Itqon Bugen Semarang tahun ajaran 1445/1446 H. Analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menghasilkan 1) kitab ’Tijan ad-Darori’ dapat dikategorikan dalam kelompok referensi pembelajaran Akidah tingkat dasar yang cocok untuk kelas 3 ibtida’iyyah madrasah diniyah Al-Itqon Bugen Semarang 2) pemahaman santri kelas 3 ibtida’iyyah ini bisa dikatakan baik berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta didik yang terlibat dalam pembelajaran kitab ‘Tijan ad-Darori’ didukung dengan capaian hasil pembelajaran peserta didik selama satu tahun. 3) pembelajaran Akidah menggunakan kitab ‘Tijan ad-Darori’ di kelas 3 ibtida’iyyah madrasah diniyah Al-Itqon Bugen Semarang ini efektif berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa pihak yang terlibat dalam penelitian didukung oleh beberapa teori tentang keefektifan pembelajaran dan juga dalil-dalil di dalam al-Qur’an dan hadits. Kata Kunci: ’Tijan ad-Darori’. Akidah, Madrasah Diniyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 04:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39195

Actions (login required)

View Item View Item