STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN KONSEP GENERASI KHAIRA UMMAH DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG 2024/2025

JAMALUDIN, AHMAD (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN KONSEP GENERASI KHAIRA UMMAH DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100028_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menerapkan konsep generasi khaira ummah di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan metode deskriptif analitis. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Gambaran guru PAI dalam menanamkan perilaku yang mencerminkan generasi khaira ummah. 2) Strategi guru PAI dalam menerapkan konsep generasi khaira ummah pada peserta didik. 3) Faktor pendukung dari strategi diterapkannya konsep generasi khaira ummah di sekolah yaitu sekolah yang mendukung, guru-guru yang menjadi teladan, motivasi peserta didik yang tinggi, dan adanya kerjasama antara guru dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, pengaruh lingkungan, kurangnya dukungan orang tua, motivasi siswa yang naik turun, dan tantangan perkembangan teknologi. Kata kunci : Strategi, khaira ummah, guru PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 04:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39192

Actions (login required)

View Item View Item