STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN DAN KEDISPLINAN DI SDN POHIJO 1 KABUPATEN PATI

GHUFRON, AHMAD (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN DAN KEDISPLINAN DI SDN POHIJO 1 KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100027_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100027_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai kejujuran dan kedisiplinan di SDN Pohijo 01. Kejujuran dan kedisiplinan merupakan nilai fundamental dalam pembentukan karakter peserta didik yang berperan penting dalam kehidupan sosial maupun akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan strategi yang diterapkan guru PAI dalam membentuk karakter siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Strategi yang digunakan meliputi keteladanan guru, integrasi nilai dalam pembelajaran, penciptaan lingkungan kelas yang mendukung, pembiasaan perilaku disiplin dan jujur, pembuatan aturan dan kesepakatan kelas, pengawasan serta evaluasi siswa, dan pemberian penghargaan serta teguran secara adil. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun karakter siswa, terutama dalam meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya nilai kejujuran dan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi tersebut. Faktor pendukungnya meliputi materi pembelajaran yang relevan, komitmen tinggi dari guru, keterlibatan orang tua, serta adanya kegiatan penunjang pembelajaran. Sementara itu, faktor penghambat yang ditemukan adalah kurangnya keterlibatan orang tua, minimnya kesadaran siswa, keterbatasan fasilitas penunjang, serta pengaruh lingkungan di luar sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan dalam menanamkan nilai kejujuran dan kedisiplinan tidak hanya bergantung pada strategi yang diterapkan guru, tetapi juga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk orang tua dan lingkungan sekolah yang kondusif. Oleh karena itu, sinergi antara guru, orang tua, dan lingkungan menjadi kunci utama dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas dan disiplin. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Kejujuran, Nilai Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39191

Actions (login required)

View Item View Item