RAHMAWATI, NURLAELI (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SMP ALHUDA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800094_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Pendidikan Agama Islam_31501800094_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik di SMP Alhuda Semarang, bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Alhuda Semarang serta untuk mengetahui adakah pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Alhuda Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan 78 peserta didik kelas VII SMP Alhuda Semarang. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis Correlation Person Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Alhuda Semarang dengan hasil perhitungan menggunakan korelasi product moment. Diketahui r hitung adalah 0,788 dengan taraf signifikansi r table adalah 0,220. Penelitian ini berkesimpulan bahwa pemberian motivasi terhadap peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Motivasi Belajar, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |