PENGARUH INOVASI PELAYANAN, DAN RESPON KOMPLAIN PELANGGAN, TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Anan, Muhammad Syahrul (2025) PENGARUH INOVASI PELAYANAN, DAN RESPON KOMPLAIN PELANGGAN, TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402000426_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30402000426_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana kepuasan dan loyalitas pelanggan di CV. Sinar Saluyu dipengaruhi oleh inovasi layanan dan penyelesaian keluhan pelanggan. Seratus klien diberikan kuesioner sebagai bagian dari metode pengumpulan data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS, Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menganalisis data. Menurut temuan penelitian, kebahagiaan dan loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh inovasi layanan dan penanganan keluhan masing-masing pada 61,2% dan 45,8% kasus. Bahkan jika layanan tambahan CV. Sinar Saluyu baik dalam meningkatkan kebahagiaan pelanggan, tidak semua konsumen yang bahagia cenderung untuk memberi tahu orang lain tentang bisnis tersebut. Selain itu, kebahagiaan dan loyalitas konsumen dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh inovasi layanan dan respon keluhan, sedangkan loyalitas tidak dipengaruhi secara signifikan oleh inovasi layanan melalui kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Inovasi Layanan, Respon Komplain, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, CV. Sinar Saluyu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item