EFEK MEDIA EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DEMAM TYPHOID PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Puspita, Ajeng Rosa (2025) EFEK MEDIA EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG DEMAM TYPHOID PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902100015_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)

Abstract

Latar Belakang : Demam typhoid lebih sering terjadi pada anak usia sekolah karena pada tahap tumbuh kembang ini, anak-anak cenderung menyukai makanan yang menarik secara visual tanpa mempertimbangkan kebersihannya. Oleh karena itu, edukasi tentang demam typhoid sejak dini sangat penting untuk mengurangi risiko penularan penyakit melalui jajanan di sekitar sekolah. Namun, metode pendidikan kesehatan yang digunakan saat ini masih kurang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen (QuasiExperimental Design) menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI di SDN Bangetayu Wetan 02, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total 60 responden yang terbagi dalam kelompok intervensi dan kontrol. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil: Berdasarkan analisis karakteristik responden, mayoritas berusia 11 tahun (52%), berjenis kelamin laki-laki (61%), dan seluruhnya berasal dari suku Jawa serta beragama Islam (100%). Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data dalam kelompok intervensi (p = 0,000) dan kelompok kontrol (p = 0,001) tidak berdistribusi normal. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah intervensi dalam kedua kelompok, tetapi peningkatan pengetahuan pada kelompok yang menggunakan media permainan ular tangga lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan media PowerPoint (p < 0,05). Kesimpulan: Media edukasi permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar tentang demam typhoid dibandingkan dengan media PowerPoint. Kata Kunci: Demam Typhoid, Edukasi, Permainan Ular Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39100

Actions (login required)

View Item View Item