WIJAYA, RANDI (2025) ANALISIS KUALITAS LAYANAN PARIWISATA TERHADAP LOYALITAS DESTINASI – PERAN MEDIASI CITRA DESTINASI (Studi Pada Desa Rahtawu di Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Manajemen_30402000296_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
Manajemen_30402000296_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan pariwisata terhadap loyalitas destinasi – peran mediasi citra destinasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 150 pengunjung yang datang ke desa wisata Rahtawu. Metode yang digunakan adalah riset kuantitatif. Pengujian dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program Partial Least Square yang dioperasikan melalui output Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap citra destinasi, karena dari kelima dimensi kualitas layanan pariwisata hanya satu yang berpengaruh dan signifikan yaitu jaminan (assurance) dan sisanya tidak berpengaruh. Sebaliknya, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas destinasi, yang menunjukkan bahwa semakin baik penilaian dari pengunjung terhadap obyek wisata maka semakin meningkatkan loyalitas destinasi. Selain itu, hubungan antara kualitas layanan terhadap loyalitas destinasi dimediasi citra destinasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dan tidak menjadi mediator secara penuh dikarenakan hanya satu dimensi kualitas layanan yang berpengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya menentukan variabel yang ingin diteliti agar tidak terjadi kesalahan seperti diatas Dimana antar variabel tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Assurance, Reliability, Tangible Facilities, Empathy, Responsiveness, Citra Destinasi dan Loyalitas Destinasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 May 2025 07:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |